6 Sikap Kerja yang Harus Dimiliki Seorang Telemarketing di Dunia Kerja

Meravi.BPO – Berikut merupakan 6 sikap kerja yang harus dimiliki olehs eorang telemarketing atau CS di dunia kerja. 

Seperti yang diketahui bahwa seorang telemarketing atau CS adalah untuk menjual sebuah produk atau memberikan layanan melalui telepon. 

Secara umum CS hanya memiliki beberapa detik untuk menyakinkan konsumen sehingga harus memiliki beberapa skill penting berikut. 

Seorang CS atau Telemarketer harus mengetahui dengan baik detail tentang produk tersebut. 

Baca Juga: 6 Alasan Customer Service Penting Bagi Perusahaan

Berikut merupakan enam sikap kerja yang harus dimiliki seorang telemarketing di dunia kerja. 

Komunikasi Bernada Positif 

Salah satu sikap kerja yang harus dimiliki telemarketer adalah komunikasi dengan nada positif. 

Jika suara dan bahasa Anda adalah satu-satunya alat yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk atau layanan Anda, penting untuk memahami dan mempertahankan nada komunikasi yang positif. 

Nada adalah kualitas suara  yang dapat dipelajari melalui konsentrasi dan latihan. Saat menangani panggilan, selalu ingat untuk berbicara dengan sopan dan  positif. 

Ucapkan salam kepada pelanggan Anda sesuka Anda, menggunakan “Tuan” atau “Nyonya” sesuai kebutuhan. 

Maka Anda pasti tidak boleh  kasar. Ingatlah bahwa Anda adalah wajah profesional bisnis Anda dan penjual profesional yang beretika. 

Memahami Target Konsumen 

Untuk memahami target konsumen, Anda perlu melakukan survei sebelum melakukan panggilan. 

Kegiatan telemarketing seringkali membuat frustasi kebanyakan orang  karena merasa tidak membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan. 

Selain itu, mereka  tidak terbiasa dengan telemarketer yang menghubungi mereka. 

Solusinya adalah meluangkan waktu untuk memahami target konsumen dan mampu berkomunikasi dengan target. 

Misalnya, jika Anda ingin menawarkan produk tabungan bank, cari informasi tentang umur, nama, dan jenis tabungan  yang mungkin sudah dimiliki oleh konsumen sasaran. 

Dengan melakukan survei, Anda dapat menawarkan penawaran yang memenuhi kebutuhan  konsumen sasaran Anda, membuat mereka  lebih ramah dan akrab. 

Manajemen Waktu yang Efisien 

Telemarketer juga harus mampu melakukan manajemen waktu secara efisien. Inilah sikap kerja yang harus dimiliki telemarketer. 

Ini mengacu pada banyak tugas yang perlu dilakukan, mulai dari memeriksa email hingga mengumpulkan detail pelanggan hingga melakukan panggilan telepon. 

Banyak tugas hanya dapat dilakukan dengan benar jika Anda mengatur waktu Anda secara efisien. 

Hal ini juga sangat penting untuk mengetahui waktu yang tepat dari panggilan telepon dengan pelanggan. 

Setiap bisnis biasanya memiliki demografi pelanggan yang memberikan informasi tentang jam sibuk pelanggan, memungkinkan telemarketer menelepon selama jam tidak sibuk. 

Mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan panggilan dapat membantu Anda mendapatkan respons yang lebih baik dari pelanggan target Anda. 

Menjadi Pendengar yang Baik 

Karena pelanggan ingin mendengar, telemarketer juga harus bisa menjadi pendengar yang baik. 

Telemarketing pada dasarnya terdiri dari pesan pemasaran atau promosi yang disampaikan  kepada pelanggan atau prospek melalui telepon, tetapi konsumen yang ditargetkan mungkin memiliki pertanyaan, keluhan, atau umpan balik yang perlu mereka dengar.

Pemahaman Detail tentang produk Perusahaan

Pemahaman yang utuh tentang produk merupakan salah satu sikap kerja yang harus dimiliki telemarketer. 

Pemahaman yang baik tentang produk memungkinkan agen telemarketing untuk lebih meyakinkan pelanggan mereka. 

Informasi produk yang  benar  digunakan oleh telemarketer untuk melacak prospek. 

Sikap kerja yang harus dimiliki telemarketer ini memfasilitasi strategi pemasaran yang efektif dengan memungkinkan pelanggan memperoleh dan meninjau informasi terperinci tentang produk yang mereka tawarkan. 

Jawaban Bermanfaat untuk Setiap Pertanyaan 

Telemarketer perlu membantu menjawab setiap pertanyaan, karena konsumen yang ditargetkan lebih cenderung mengajukan pertanyaan. 

Anda harus siap untuk berbicara tentang kekhawatiran atau kekhawatiran apa pun yang mungkin dimiliki pelanggan target Anda. 

Telemarketing bukan hanya tentang “menelepon, mendapatkan jawaban, dan menutup telepon.” 

Beberapa orang tidak suka menerima panggilan dari telemarketer, sementara yang lain merespons secara positif. 

Baca Juga: Pengertian Customer Service Terbaru 2022!

Untuk alasan ini, Anda perlu memperoleh kemampuan untuk menjawab pertanyaan dengan lengkap. 

Ini adalah informasi tentang beberapa pengaturan kerja yang  perlu diketahui telemarketer. 

Jika Anda mau belajar dan terus berusaha, menjadi telemarketer yang sukses tidaklah sulit. 

Tentunya jangan lupa untuk melengkapi software pendukung kegiatan telemarketing  yang disediakan oleh BPO Meravi Jogja. 

Tinggalkan Balasan ke Berapa Gaji Customer Service di Indonesia Tahun 2022? – Meravi BPO Cancel reply



Berapa Gaji Customer Service di Indonesia Tahun 2022? – Meravi BPO

5 bulan ago

[…] Baca Juga: 6 Sikap Kerja yang Harus Dimiliki Seorang Telemarketing di Dunia Kerja […]

Lokasi Kami

Hubungi Kami!

Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.9,7, Karangploso, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282

+6287-803-900-800
meravi.bpo@gmail.com

Copyright 2021 MERAVI.ID ©  All Rights Reserved